Sabtu, 04 Agustus 2007

JUPITER MX CW KASAR?


Agak aneh memang, seharusnya Jupiter MX CW lebih baik dari MX non CW. Kan CW keluar setelah versi velg rujinya. Tapi kenyataannya suara mesinnya lebih kasar. Ini dialami oleh teman saya sendiri, dan saya pun sempat mencobanya. Suara ini bersumber dari sekitar blok silinder, saya juga bingung sumber suara dikepala silindernya atau diboringnya.

Pada saat stationer suaranya tidak begitu terdengar. Suara ini terdengar lebih kencang bila putaran tinggi. Paling terasa sih kalo sedang jalan menanjak terus dipaksa untuk berakselerasi, bunyinya krokrokokrook….kata temanku seperti suara celah piston dan blok yang sudah longgar. Tapi masa sih…waktu itu padahal masih baru, belum ada sebulan. Apa hal ini pengaruh dari penerapan diasil silinder dan forged piston. Saya tidak tau bedanya forged piston dengan piston biasa. Apa benar forged piston itu tidak mengalami pembubutan pada proses pembutannya, jadi setelah proses pengecoran dan dikeraskan, kemudian langsung dipasang. Sebenarnya kalo diteliti suara seperti ini juga terjadi di Jupiter MX (non CW), hanya saja suaranya tidak sekencang punya MX CW.

Menurut mekanik Yamaha, hal ini disebabkan penerapan kopilng manual pada Jupiter MX CW. Seharusnya kalo kopling manual yang menjadi sumber suara, suara kasar sudah terdengar sejak stationer. Malahan dibeberapa tabloid menunjuk kopling manual Jupiter MX CW tidak sempurna dalam mensirkulasikan oli, makanya banyak kejadian Jupiter MX CW kampas koplingnya terbakar (karena kurang oli).

Selain itu sistem dekompresi otomatis pada motor ini juga bisa sebagai penyebab sumber suara kasar.

Seperti saya yang sudah bolak-balik ke bengkel yamaha dan hasilnya nihil, ahirnya teman saya itu melego Jupiter MX CW karena kuatir dengan kondisi mesinnya kenapa-kenapa. Semoga saja untuk keluaran 2007 ini ga hanya ganti striping doang, melainkan juga pembenahan dimesinnya.

21 komentar:

Tok mengatakan...

wah ... yang bikin saya ogah-ogahan beli MX CW ya karena kasus kopling gosong dan suara mesin yang kasar ini. tapi MX non CW pun mengalami masalah yang sama. ketika akselerasi suara mesinnya terdengar kasar dan seperti 'ngorok'. beres yamaha cuma bisa bilang, "semua juga begitu".

saya pernah tanya soal kenapa MX CW tidak dibenahi soal kopling gosong tadi padahal sudah banyak kasus di pasaran dan juga kenapa suara MX rata-rata kasar ke YMKI lewat situs mereka. jawabannya cuma perlu diketahui bahwa ada batas toleransi dari pabrikan mengenai noise yang dihasilkan mesin saat bekerja. that's it, tidak ada solusi.

aftersales yamaha ini memang bikin il-fil. tapi ah, ahm juga begitu. makanya mari kita nge-blog bareng, mas .. supaya konsumen makin 'garang' dan 'enlighted' sehingga pabrikan nggak bisa seenaknya lagi :)

tripletri mengatakan...

iya...masa sih suara knalpotnya halus, tapi mesinnya kasar. karuan kaya satria FU yang suara mesin n knalpotnya sama kencengnya.

giofani mengatakan...

Sebenarnya saya bukan komentar tapi pingin cerita masalah yg sama mengenai MX,Sejak saya Beli (kredit)Jupiter MX-CW Nomor Mesin 2S6-236889 Nomor Rangka MH32S60027K236512 tgl 23/4/2007,besoknya saya keluh kan ke dealer
di mesin ada suara seperti ngorok sepanjang narik gas waktu akselerasi 1 2 3 4, dan dibilang memang seperti itu oleh mekanik,.....tapi karna suara itu seperti mengganggu pendengaran( nggak enak didengar ) seperti suara knalpot bocor,satu minggu kemudian(75km) saya bawa kembali ke dealer tapi dapat jawaban yang sama,setelah service pertama (500 km) saya keluhkan kembali karna suara ngoroknya sangat tidak enak didengar ( seperti motor butut )kembali saya mendapat jawaban yang sama yaitu 'Memang seperti itu'
Baru setelah saya nyoba sendiri motor saudara saya Jupiter MX-CW juga ternyata suaranya lebih halus tidak seperti punya saya, kemudian saya coba @mail ke contact_center@yamaha-motor.co.id ( Yamaha Motor Kencana Indonesia/YMKI di Jakarta ) dan mendapat tanggapan via telpon dari Bpk. Agung Susanto (YMKI) bahwa saya dianjurkan untuk membawa kembali Motor ke Dealer asal yaitu SENTRAL YAMAHA di Jl. Agus Salim Samarinda untuk dilakukan pengecekan ulang,setelah dilakukan pengecekan ulang oleh Boy Herliawan ( Mekanik ) dan Bpk. Herman ( pimpinan dealer ) diputuskan bahwa Jupiter MX-CW saya harus TURUN MESIN karna ada masalah dg Crankshaft nya dan harus diganti,dan waktu itu saya iyakan dengan catatan suara ngorok hilang dan tidak ada masalah lain,Bpk Herman menjanjikan motor ini akan kembali seperti Jupiter MX-CW baru lagi dan tidak ada masalah,
Tapi Nyatanya malah lebih boros dan tarikan berat dari sebelum turun mesin (suara ngoroknya lebih halus)
Setelah Motor Jupiter MX CW saya nginap yang ke 5 kalinya di Dealer untuk diperbaiki lagi oleh mekanik Yamaha ( Mekanik dari Jakarta ) tanggal 20 s/d 28 Agustus 2006,.... masih dengan keluhan Boros bensin dan tarikan berat...

Masalah ini sudah pernah saya bawa ke Lembaga Perlindungan Konsumen Kalimantan Timur, namun apalah daya kita orang kecil ............... :(
Sampai sekarang masalah ini sepertinya diaanggap selesai oleh pihak Yamaha,dan saya harus menderita kerugian 4 jtan ( karna sy tdk mau nerusin bayar kredit motor cacat pabrik yg di jual Yamaha ), belum lg waktu yg terbuang untuk ngurusin masalah yg tidak jelas penyelesaiannya ini.......

zirat mengatakan...

saya pemilik jup mx cw 2007...saya juga mempunyai masalah yg sama yaitu mesin kasar...apalagi di dalam mesin saya ada suara ngehiung(bahasa sunda) pada saat di gas..padahal motor dalam keadaan netral...sudah berulang kali saya datang ke dealer yamaha...tapi jawabannyas "itu memeng bawaan motor mas"...

adit mengatakan...

jupiter mx saya keluaran 2009.awalnya sih gak apa2 tp stlh servis gratis pertma malah "mbrebet" bla dbwt jalan <40 km/jam.sy kmblkan kbngkelnya smpai 3x msh ttp sma,malah mekaniknya ngmng itu biasa mesin msh baru memang gt
wah sya kcewa bgt ni bli mx

van joel mengatakan...

dengan body style yang bikin mata melotot kok mesinnya(suara) bikin nungganginya mikir terus "apa ada yg g bener????" tp tarikanya kok g perlu diragukannnnnnn........
Bravo YAMAHA!!!!

zuhdi mengatakan...

sy punya mx 2007,mesin kasar bgt, palagi waktu masuk gigi satu n mau jalan atau ketika kepergok sedikit tanjakan di gigi 2 keatas dan putaran rendah, mesin bunyi tok tok tok. topspeed mentok diangka 110 kpj,
itu juga setelah narik gas lumayan lama. coba tanya ke beres katanya memang bawaan mesin mx kasar. payah nih, bagus iklan doang.

DAEYEN CHE'ES mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
DAEYEN CHE'ES mengatakan...

memang, saya aku jupiter mx cw suaranya kasar. dan saya tidak kecewa kok, malah saya pengen terus mengendarainya. karena suara kasar itu juga ada hubungannya dengan kecepatannya. kecepatan jupiter mx cw (standard) mampu melewati 120 km/jam dan masih stabil. apalagi yang sudah di bore up, wooow, bisa mencapai 150 km/jam. apabila motor anda mengalami lambat tarikan dan kurang topspeed, itu mungkin kurang perawatannya, dan coba periksa oli, bahan bakar (tanpa timbal), tekanan udara pada ban, filter harus bersih, setelan rantai tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendor. saya mohon maaf apabila ada kesalahan pada keterangan saya.

salam dari saya PENGGUNA JUPITER MX CW TAHUN 2009. maju terus yamaha, buat jupiter mx semakin kedepan, dan tetap didepan

sugianto mengatakan...

kenapa new jupiter mx cw produknya sekarang gak enak sekali dilihat padahal saya dan teman-teman saya mau beli..!pas kami kedealer rupanya yg lama ngak kelur lagi..?padahal kami lebih suka yang lama ketimbang yang baru ini..?kami harap tolong produksi lagi yang lama..!saya tunggu kedatanganmu jupiter mx cw dikotaku..!

boy.denny01 mengatakan...

saya denny,tgl di bndar lampung jl.griya utama gg.mahoni nO.3 wayhalim permai,tanjung tanjung karang kec.sukarame.
saya pemilik jupe 2010 wrna biru...
saya cuma mau tanya kenapa ya jupe kok gasnya berat dan beda sama satria f150 atau mtr lainnya? ada yg blng ktnya narik 2 seling (emang bener sih) tpi gak cuma jupe aja kan yg pnya 2 seling penarikan?

Yozh-Ea mengatakan...

Saya Yos.. Tinggal di Bandung..
Pemilik all new jupiter mx CW 2011..
Sampe saat ini belum ada keluhan, cuma getaran mesin yang smakin kerasa..
Semoga yang keluaran baru ini ga ada problem suara kasar/berisik.. hehe :D

Setau saya tarikan gas non kopling memang lebih berat ketimbang yang kopling.. (Pengalaman mencoba motor - motor teman)

zwng mengatakan...

numpang koment,. saya jga punya new jupiter mx keluaran paling baru,. "plat nomer 06.2015" kasusnya sma spt temen2 smua mesinnya berisik banget, gasnya berat ga enk didengar sya udh ke dealer tnyakan tp jwbn teknisinya sma jga kya tmn2 punya,. katanya itu klo mesinnya berdiri mxudnya cylindernya,. mmg kaya gtu berisik,. tz mesin klo udh pnas ya mmg berisik,. jwbn ga enk didengar bnget,. sbnrya sya snang dgn yamaha mx aplgi yg model trbarunya ini, tp kcewa bnget pas jdi bgni coz msi baru,. awl kjadiannya pas hbs servis pertama km 500,. itu motornya saya pke ngebut,kn pkir udh ckup masa reyen'a,. ekh porsneling 3 sya paksa smpe 80 km/jam mesin'a ngorokkk,.dri stu awlnya mesin'a jdi berisik bnget ts gas'a berat,. dll,. pokok'a kecewa bnget,. ditambah jwban mekanik'a yg katanya klo kmu ke yamaha pusat pun psti diketawain,..coz msn'a gpp "katanya" smpe skkrg aq cma pegang kata2nya itu,. nti klo knpa2,. tgu aj tgl mainnya,..

Dino mengatakan...

Hampir sama ceritanya ama teman-teman (11-12). sy punya jupiter MX lansiran 2009 bln 11. Kaget saat mendengar suara mesin spt mau rontok..Bearing kruk asnya (mnrt saya). tapi kata mekanik rumah kopling. BTW bolak balik, sana kemari, tanya sana tanya sini. akhirnya kesimpulan sy ini kekurang sempuranaan desain atau apalah, bla..bla.. sy kuciwa dan pasrah. Sampai detik ini motor tetap sy pakai dan rawat. atas dsr info sana sini + argumen sendiri, dgn 7an mengurangi bunyi; oli mesin sy isi 1000ml (1 ltr). Speck pabrik 800ml (0,8). Suara mesin tetap tak berubah. PASRAH...Mau dijual Murah.. pakai sajalah, dgn harapan akan menemukan solusinya. Jujur sy suka dgn technologi yg diterapkan di MX (Sekelas motor bebek)dan penampilanya ciamix. Target sy klo ada duit lebih.. beli motor baru yg pasti tdk MX :).
NB ; Sy salut ama langkah yg diambil oleh pak Giofani dkk. Mari kita dukung langkah yg positif tuk mencerdaskan rakyat&BANGSA. Pesan singkAt u/ Pabrikan-pabrikan! Suportiflah x lian..hukum alam berlaku disini (Di indonesia, DIMANA SAJA) yg baik akan terus dikenang dan pertahankan dan yg buruk akan... ntahlah !!

Hendra Rossoneri mengatakan...

sm nasib kita sob, punya ku MX-CW 2011..,
motor mx ku juga bunyi ngorok, padahal baru 6 bln, pertama kali beli suaranya memang halus, tapi setelah aku pake 6 bln, suara motor ny mulai kasar, dan tarikan ny terasa berat.
sudah saya bawa ke dealer tapi jawaban ny sm dengan temen".

putra ragil mengatakan...

sama nasb ku juga

aku pake njmx 2011 suaranya kasar bgt kadang taku kalo mau ngegebernya

wandhe fadilah mengatakan...

wah kasusnya pada sama yah kaya saya,,, betul juga emnang kaya gtho, apalagi motor saya dipasang kopling manual, wuih,, tambah berisik suaranya,, hahahhaha,,, kalau ada yang bersedia membantu menghilangkan suara bersisik,,, menurut saya itu kitanya ja yhang kurang beruntung, hahahhahahahha,,,, kalo udah bersisik gitu mah, tinggal corting aja, di boreup, beli lagi yang baru, hehehehehheeh,,,

Hendra Cerduone mengatakan...

Nasib-nasib,ngiler NJMX..eehh bgitu kesampaian gw lngsung nyesel mendengar suaranya yg kasar,
Begitu masuk usia 3 bulan weleh malah bikin gw bengong,suara mesin tmbah ga karuan sprti mau RONTOK,pdhal gw sdh memberi yg trbaek pada tu motor,mulai dari minum PERTAMAX dan OLI juga gw kasih yg paling mahal MOTUL 5100.. tp tak sebanding sm yg ku dapat,
Rencana mau gw jual aja tu NJMX...
Mending naek VESPA..

puteri albassam mengatakan...

haahaha, kalo aku punya jupiter mx cw keluaran taon 2009 akhir kopling manual warna hijau daun (kek nama grub band) udah 3 taon sudah pada taon ke 2 udah berisik amat sekarang udah pensiun karena malu makenya udah kek mesin klotok (perahu dungfeng merk mesin kapal cina) kenapa yamaha mirip mesin buatan cina ya khususnya jupiter mx, aku kira dulu jupiter mx lebih baik dan handal trus nyaman dari segala hal jadi korban juga akhirnya beda dengan jupiter z yg gak ada matinya, ya mudah2an pihak yamaha memperbaiki produk2nya agar jgn mengecewakan konsumen. trim's by. jabronk racing pulang pisau di kalteng................ wasalam.

Hari Hardiyanto mengatakan...

klo mtor jmx '07 w malah turun mesin di dealer abis 1,5 jt,tp bru jg sebulan w dh trun mesin lg,..pdhal mtor bwa nyantai gk kebut2n...akhir'y w gnti ja pke mesin TDR abis 725 rb,lbih awet.

hanif muhtadin mengatakan...

Klo aqu pemilik jup mx 09 smpai skrg gak ada mslah
mlah raja x jalan jarak jauh
jogja-semarang, total jalan 5 jam satu hari full tpi.. Ga ada keluhan yg sya rasakan.. Top speed msih tembus 125 bhkan gas belum mentok,, tiu fakta gan, resep saya cuma kasih oli shell advance tepat waktu sma servis tyap gnti oli.. Hasilnya motor agan psti sehat selalu..
Oiy klo gas berat silahkan gnti per gasnya punya honda, itu krna mx langsung dua kabel angkatannya jdi berat bget n bkin tangan kapalan mka dri itu gnti sja punya honda.. Krna pernya lbih tipis n lentur...
Klo msalah ngorok memang kerap sya temuin di mx 011 tpi, itu sdah bawaan pbriknya bgtu,, klo mau mesin halus ya honda, yg jalannya kayak siput wkwkwk
atw suzuki yg spare partx ga ketulungan mahalnya..
Monggo qt memeriksa motor masing2 n rutin dengan perawatan berkala.. Psti motor agan2 tetep prima