Kamis, 16 Agustus 2007

Beda Mesin Vixion dan Jupiter MX

Banyak menganggap mesin Yamaha Vixion adalah mesin Jupiter MX yang dibore-up menjadi 150cc, padahal kedua motor keluaran Yamaha itu cuma sama di kepala silendernya doang. Selain bentuk silinder yang sama, kelihatanya cam-nya mirip dan hanya beda durasinya.

Mulai ke area blok silinder Diasilnya, mulai terdapat perbedaan yaitu diameternya, karena Vixion memakai piston yang lebih lebar. Selain diameter piston yang lebih lebar, piston Vixion memiliki bentuk cekungan dikepala pistonnya. Ini berbeda dengan piston Jupiter MX yang cenderung rata. Dari sini bisa dilihat bahwa Vixion mempunyai kompresi yang lebih rendah dibandingkan dengan Jupiter MX.

Untuk bagian crankcasenya tidak ada samanya sama sekali. Hal ini disababkan karena perbedaan jumlah gigi perneling dan diterapkanya balancer pada Vixion. Urusan presneling Jupiter MX masih 4 percepatan dan pengoprasiannya seperti bebek biasa, kalo Vixion 5 percepatan dioperasikan layaknyak motor sport. Penerapan ini berpengaruh terhadap konsumsi bensin yang lebih irit dari Jupiter MX, karena rpm tidak dibiarkan menggantung terlalu tinggi.

Kekurangan kopling gosong pada Jupiter MX, coba diperbaiki pada Vixion yaitu dengan menambah volume mesin dan menerapkan 5 lembar plat kopling. 5 lembar plat kopling ini diyakini lebih tahan gesek karena dapat menyerap oli lebih banyak dan tarikan lebih spontan uhuuy….. Letak stut koplingnya pun disebelah kiri (seperi tradisi Yamaha), kalo Jupiter MX disebelah kanan.



Balancer keunggulan lain mesin Vixion, yang menyebabkan meminimalisir getaran mesin. Penerapan balancer ini membuat Vixion berani menggunakan hanya 3 engine-mounting (2 dicrankcase, 1 dihead). Jumlah ini lebih sedikit dari Jupiter MX yang memakai 4 engine-mounting (3 dicrankcase, 1 dihead) untuk memasangnya di rangka.

Jadi sekarang tau kan dedanya, tetapi sebenarnya tetap ada komponen yang bisa saling kanibal. Contohnya untuk untuk bore-up Jupiter MX menjadi 150cc tinggal beli silinder, piston dan ring piston.



10 komentar:

kang_gede mengatakan...

oeoe..ni motor gw tnggu bgt,,knp mst pake acara inden sgala sie???terbatas banget!!!jadinya kan bisa dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab...kekekekeke...

Im4u2nV mengatakan...

pertanyaan saya...

bisa gak Jupiter MX dirubah pola pengoperan gigi nya biar bisa kaya V-ixion??? and di pasangin balancer (ini optional) butuh apa ajah and kira2 biaya nya berapa yah?

make money on-line mengatakan...

maaf numpang nanya....ada yang tau tempat modif vixion??

conk mengatakan...

bang!!!!

mtor v-ixion w rusak ne??

kagak mw idup.

conk mengatakan...

rusak nya gni!!!

klo mesin idup,trus lampu nya jg di idupin.
mesin mtor nya ikut mati.

tapi kata orang bengkel keprok nya yang rusak.

varo vixi mengatakan...

ada yg bisa batu modifn vixi qoe gak??ato minimal saranya deh,,apa yg pertma d lakukan untuk modif,dengan dan terbatas kira2 apa yg sebaiknya d dahulukan,,bgi yg dah pglaman bagi ilmunya donk,,replay to me
: blade_varo@yahoo.com

Arif Vixion mengatakan...

Ini tips buat para vixioners :
1. Agar performa & awet mesin bagus pke bahan bakar non timbal, misal : pertamax (pling sesuai menurut gwe buat vixi mesin tak terlalu panas tarikan tetep bagus) bisa juga petronas 92 (aksel bgus tpi mesin cnderung cepat panas nh bahan bkar cocok buat yg suka nge-drag).
2. Klw awal inreyen jgn terburu2 setel klep, ckup servis dn ganti oli sesuai petunjuk buku pedoman, setelah selesai inreyenny baru setel klep, stndar sh Masuk 0.10 ~ 0.14 mm, Buang 0.20 ~ 0.24 mm, klw saran gwe sh pke yg pling longgar, biar putaran atasny gede (perlu diketahui jika klep terlalu longgar lebih dari standarnya justru bikin mesin jadi kasar.
3 Klw mo pake vixi pagi2, mesin dipanasin dulu kira 5 menitan boleh lebih, biar seluruh komponen mesin terlumasi dengan baik sehingga meminimalisir keausan mesin baru dh vixi di-”tunggangin” :-)
4. Pake oli yg bagus, klw gw sih castrol :-) ada peningkatan perfoma bro, boleh jga yamalube (standar). Saran gwe oli gnti tiap 3rbu km, truz saringn oliny diganti tiap 15rbu km, krena klw saringan oli jelek justru akan aliran oli tergnggu (ini ga bagus buat vixi).
5. Jgn smpe lupa selalu gnti air radiator tiap 15rbuan cukup pke yamacoolant, tpi msal belum 15ribu keadaan levelny sdh low ckup ditmbahin air radiatorny smpe garis full.
6.Karena filter udara vixion model tipe kering maka cukup bersihin filter udara dengan semprotan kompresor setiap kali servis.
6. Tidak perlu harus pke busi yg model racing, cukup pake busi standar aj, krena klw pake busi racing bisa cepet overheat mesinny (ini ga bagus bro buat awetny mesin). Cukup sebulan sekali businy dibersihin pke amplas yng lembut.
7. Minimal 3 bulan sekali, injektornya dibersihin pake crab cleaner (jgn dilakukan jika tidak bisa, klw gwe sh bisa, klw mo tahu carany cari dari “mbah google”), misal merek megacools kra2 hargany 20rbuan bauny kayak bensin, atau yng lain, yg pasti pake yng bebas minyak (krena klw model yg ada minyakny buat gear rantai) Truz bersihin jga daleman mesin dengan membuka busi, semprot tuh dapur mesinny dngn crab cleaner di atas (saran gwe wkt mesin masih hangat–> ini akan mempercepat proses pembersihan kerak pada tmpt pmbakaran trsbut.
8. Seting injeksi sma putaran langsam pny peranan pnting, klw mo knceng banget stel injeksi jgn 0 (stndar) tpi +1 atw +2, putran lngsam (stndar 1300-1600 RPM) klw gwe sh 1300 RPM (tips buat putaran lngsam yg pas itu setel bautny yg paling stabil suara mesinny, truz yg paling respon trhdap buat nge-gas maupun lepas gas).
9. Ini yang paling penting buat vixioners, seting mesin motor yg pas akan mendapat 3 poin penting, AWET, IRIT (1 lter = 35 km) & KENCANG (Max = 150 km/jam).

motor mengatakan...

tlng dnk kasih tahu akibat j mx pk pinston vixion

BCL mengatakan...

nah nie sobat blogger xg ane cari,
informatik m otomotif hobi cemua,

ane jga mw nanya ne: clo pehitungannya jupiter mx 145 cc gmana gan,??.
ngitung cc_nya mksudna,..

Kanyaah mengatakan...

Gimana caranya supaya deselerasi dan akselerasi jupiter mx Jadi spontan,... Kalo Masalah Akselerasi Sudah Dianggap Cukup, Tapi Yang saya rasakan adalah Deselerasinya Kurang Cepat,... Terlalu Lama Menggantung,... Gimana Caranya Untuk mengantisipasinya